Saturday, October 11, 2008

dream dreams...

“Was I a man who dreamed he was a butterfly, or am I now a butterfly who dreams he is a man?”, Chuang Tzu.

wokeh.. semua orang pasti pernah ngimpi kan? dalam artian mimpi yang dialami pas lagi tidur, bkn 'mimpi' sesuatu yang harus dicapai ato gimana gitu. mimpi yang bener2.. ngimpi. (apa sih)
eniwei, entah mengapa dr beberapa hari lalu gw penasaran ama yang namanya mimpi, alam mimpi, n kerabatnya. pernah kan kepikiran : "kenapa yah kita bisa mimpi?", "mimpi gw artinya apa yah?", "wa**ing, gw dari kemaren mimpi buruk mulu. aseeeem!!", n else.

trus pernah juga kan ngerasain bahwa mimpi kita kadang2 ada premonition-nya, ramalan2 ato kerasa udah pernah ngalamin gitu. ada jg mimpi yg ngulang2, role-playing, sampe mimpi dapet wangsit untuk menyelamatkan umat manusia dari kelaparan. (okey, yg satu ini gw blm pernah)

yep! emang post kali ini emang tentang mimpi, dreams, en sebagainya. gw coba buat nyingkat semua yg gw baca biar lebih enak n gampang dibaca. yowies, enjoy..

pertama2, coba kita liat dari source terpercaya maha-dashyat kita, wikipedia :

Dreams are the images, sounds, thoughts and feelings experienced while sleeping, particularly strongly associated with rapid eye movement sleep. The contents and biological purposes of dreams are not fully understood, though they have been a topic of speculation and interest throughout recorded history. The scientific study of dreams is known as oneirology. The word "dream" may also be used synonymously with "aspiration". (dari http://en.wikipedia.org)


disana dikatakan bahwa mimpi ialah semua gambar, suara, pikiran, dan perasaan yang kita rasakan pas kta lagi tidur. bisa diasosiasikan dengan rapid eye movement yg biasa dibilang REM. (kondisi dimana kita bener2 tidur penuh n ngimpi, pada umumnya 2 sampai 4 jam setelah kita mulai tertidur). ada juga yang bilang bahwa mimpi ialah suatu hasil dari imajinasi kita yang terdisosiasi dari alam bawah sadar kita, serta menarik hal-hal dari sensor memori, dengan feedback yang akan menghasilkan semacam halusinasi. karena halusinasi yang memang diambil dari memori otak kita inilah maka mimpi nyang kta alamin tuh bener2 full, dalam artian mind-body interaction.

kalo dipandang dari sisi psikologinya, mimpi tuh ngefek dalam beberapa hal :
  • bisa memuaskan imajinasi dan fantasi si subyek selagi menjauhkan kesadaran dari apa yang dia pikirkan.
  • mimpi dapat menghasilkan ide-ide dan kreatifitas yang mungkin tidak terpikir sebelumnya. bahkan yang namanya mimpi buruk dikatakan bisa membantu kita agar dapat lebih mengendalikan diri dan emosi terhadap pengalaman2 berat atau buruk.
  • dream generate moods. tergantung mimpinya, kta klo bangun bisa nangis2, bisa mangkel banget, ato bisa bikin kita bete ngais2 tanah.
  • dan lain-lain
en dari hal2 yang berkaitan tentang mimpi, hal yang gw blg plg menarik ada 3, yaitu lucid dream , metode reality testing, ama dream recall.

1. lucid dream
"A lucid dream is a dreaming state in which the person is aware that he or she is dreaming while the dream is in progress, also known as a conscious dream. When the dreamer is lucid, he or she can actively participate in and often manipulate the imaginary experiences in the dream environment. Lucid dreams can be extremely real and vivid depending on a person's level of self-awareness during the lucid dream." lagi, dari wikipedia

interesting, eh? jadi pendeknya lucid dream tu mimpi dimana kita sadar bahwa kita lagi ngimpi, en klo tingkat sadar kita tinggi, kita bisa role-playing di mimpi kita itu en manipulasi mimpi kita sendiri. asyik... (naon sih yud). dan gw baca fakta yg sangat menarik : ada 2 peneliti jerman yg bernama D. Erlacher ama M. Schredl yang mempelajari aktivitas motorik di alam mimpi dan menemukan bahwa di alam mimpi dibutuhkan waktu 40% lebih lama untuk jongkok daripada di alam nyata. ... fantastis.

2. reality testing
metode ini tu salah satu cara buat mencapai lucid dreaming d atas. intinya pas kita ngimpi, kita ngetes apakah kita lagi mimpi apa ngga. da mungkin jg kita ngerasa udah bangun, dah ada di kamar kita sendiri, mencoba bangun, keluar kamar deelel padahal sebenernya itu msh di alam mimpi. (btw ini namanya false awakening). untuk itu apabila kita mimpi agak2 nyadar, kita bisa ngecek apa kita lg mimpi apa bukan, dan setelah itu mencapai keadaan lucid dengan cara :
  • pencet hidung lu, apabila lu masih bisa bernafas dengan mulut tertutup berarti itu mimpi.
  • colokin jari lu ke telapak tangan satunya, kalo nembus berarti mimpi.
  • yg ini apabila lu mayan lucid mimpinya : liat jam tangan ato jam dinding dua kali (apabila ada). biasanya angka yang ada di jam yang lu liat bakal berubah drastis dan kadang munculin karakter2 aneh. (asumsi jamnya digital, kalo analog waktunya berubah tidak karuan)
  • nyala-matiin steker lampu (kalo ada). di alam mimpi kemungkinan lampu nyala-mati sangatlah kecil. (kecuali mimpi lu judulnya emang "mati lampu 2: the beginning"; jk)
  • kalo ada, liat cermin. bayangan di cermin pada umumnya akan terlihat ngeblur, ga jelas, ngaco, atau menyeramkan.
3. dream recall
secara singkat, dream recall ialah mengingat kembali mimpi yang baru saja dialami. pada umumnya, hal ini memang sulit dilakukan kecuali mimpinya memang sangat berbeda dan layak diingat. mengapa? dikatakan bahwa kira-kira 5menit setelah kita bangun, kita sudah lupa kurang lebih 50% dari seluruh mimpi kita, dan 90% setelah 10 menit. Teori Freud menerangkan bahwa kita sering dan mudah sekali lupa mimpi kita dikarenakan mimpi2 kita cenderung berisi pikiran2 dan harapan tersembunyi kita. selain itu manusia memang berpikir-ke-depan secara alami, sehingga mengingat isi mimpi setelah kita bangun memang terekspektasi sulit.

setelah kita terbiasa dengan dream recall, dikatakan bahwa kita dapat dengan sengaja mengulang atau meneruskan mimpi2 yang pernah kita alami sebelumnya. hal ini dapat dibantu dengan membuat sejenis dream journal sehingga kita bisa mencatat mimpi yang pernah dialami, menganalisa, bahkan memanggilnya kembali. ... waw. (kaya save/load gim onlen, haha ; red)

************

fuaah.. ternyata segitu ngejelimetnya mimpi2 kita ya. haha...
btw, sekedar sharing, berikut pengalaman gw tentang mimpi yg cukup aneh, here goes :
  1. gw pernah mimpi masuk ke satu kastil, en gw nyasar di dalem tu kastil. mutermuter belok kanan belok kiri ga karuan. terus muter2 en BAM gw bangun. beberapa minggu setelahnya gw mimpi masuk tu kastil lagi, kali ini dengan mayan lucid, tp gw udah kaya hapal banget jalan en apa yg mesti gw lakuin. gw lari terus dengan penuh pede, nemu satu pintu en BAM gw bangun.
  2. gw pernah ngalamin yang di atas disebut false awakening. (pasti semua orang pernah si), cm yang ini rada konyol. gw mimpi buruk en ga tau gmana tiba2 gw ada di kamar gw sendiri, kaya baru kebangun gitu. gw coba keluar kamar, en di luar kamar gw ada itu-mahluk-yang-neror-gw-pas-gw-mimpi-buruk. damn. entah gmana caranya di mata gw ada tulisan game over kaya di game2 resident evil gtu en gw kembali ke main menu. gw start lg en gw kembali ada di kasur gw abis kebangun gtu. berhubung gw dah tau "walkthrough"nya, sebelum keluar kamar gw ambil bom (tau dah dari mana) en lempar ke itu mahluk biadab, en BAM gw bangun. -ketawa setan-
  3. gw jg pernah mimpi kalo d rumah gw nambah satu personil lg. jd diantara gw ama kk gw yang cowok, seakan ada satu sodara gw lg, cewe, rambutnya keriting mirip bokap gw, ngga tinggi ga pendek, en kita berenam kaya hidup biasa sejahtera sentosa gtu d rmh. beberapa hari setelahnya gw bru tau ternyata diantara kita (gw dan kk gw yg cowo) emang harusnya ada sodara lg, 2 tahun di atas gw, yg emang ga lahir. lebih anehnya lagi, abis diceritain itu, kk gw yang paling tua cerita kalo dia mimpi tentang sodara-kami-yang-ga-ada-itu beberapa hari sebelum gw mimpiin itu. ... satu kata : wow. en fyi, pas pembicaraan ini, sama sekali ga kerasa mistis ato merinding2 kya dunia lain. malah kerasanya ngangeni n gimanaaa gtu..
eniwei, gw jg yakin semua orang jg pernah mimpi yg aneh2. gw ngepost panjang2 ini cm krn keisengan dan rasa penasaran gw tentang hal ini. hoo0o.. udah ah capek. salam2, cup cup muah.

"you may say i'm a dreamer but i'm not the only one" john lennon, imagine

1 comment:

Rio Aurachman said...

percaya gakernah ada anak kecil yang nanya..

"Bagaimana cara memastikan bahwa aku sekarang sedang terjaga bukan sedang bermimpi...?
dan bagaimana cara memastikan bahwa nanti aku sedang bermimpi bukan terjaga..?"
-dari buku: anak-anak pun berfilsafat-

mimpimu tu yudh..kayak game super mario bros di nintendo..masuk kastil,,terus gak tau gimana cara keluar..muter-muter mulu..
hehe..
pasti itu kalau dalam logika pemrograman pakai loop while your nintendo still on
hehe..